Kenapa Followers Instagram Berkurang Sendiri?

Kenapa Followers Instagram Berkurang Sendiri

Instagram menjadi salah satu media social yang banyak penggunanya. Di sini, pengguna bisa menjadikan Instagram sebagai ladang untuk menyalurkan ide bisnis online. Bisnis ini bisa dipengaruhi dari banyaknya followers atau pengikut. Tetapi, bagaimana jika followers Instagram berkurang sendiri?

Ada beberapa penyebab kenapa followers Instagram bisa berkurang sendiri dengan drastis. Hal ini tentu saja sangat mempengaruhi kinerja bisnis yang dijalankan di Instagram. Apa saja penyebabnya?

Kenapa Followers Instagram Berkurang Sendiri?

Akun Tidak Aktif untuk Waktu yang Lama

Salah satu penyebab utama kenapa followers Instagram berkurang sendiri adalah akun yang tidak aktif. Akun yang tidak aktif dalam waktu lama menjadi penyebab followers berkurang. Sebab akun yang lama tidak dibuka dianggap tidak aktif oleh para pengikut kita.

Melihat hal ini, mereka memutuskan untuk unfollow. Bahkan sekarang ada tools di mana bisa mendeteksi siapa saja follower atau orang yang kita follow aktif atau tidak.

Akun Pasif dan Minim Interaksi

Instagram memiliki kebijakan untuk mengurangi akun-akun yang tidak terpakai. Salah satu indikatornya adalah akun yang pasif. Semakin sedikit interaksi yang dilakukan dengan akun tersebut bisa membuat Instagram menutup akun.

Selain secara sistem, dengan menggunakan akun secara pasif, followers pun mengira akun tersebut mati sehingga mereka memutuskan untuk unfollow. Maka. Jika berniat mengembangkan bisnis di Instagram, perbanyaknya interaksi agar dinilai sebagai akun aktif. Agar followers instagram akan bertambah dengan sendiri nya tanpa aplikasi penambah followers maupun jasa buy followers.

Update Algoritma Instagram

Salah satu penyebab kenapa followers Instagram berkurang dengan sendirinya adalah masalah algoritma. Terkadang follower berkurang bukan hanya disebabkan oleh pengguna saja, tapi karena memang pihak instagram sedang melakukan update algoritma untuk meningkatkan instagram itu sendiri.

Dampak yang didapatkan adalah follower berkurang dan juga kadang itu berimbas pada akun selebgram dan bisnis. Sistem ini biasanya akan menghapus akun-akun cloningan orang lain sehingga banyak akun yang di banned.

Hal ini terjadi pada beberapa waktu lalu yang menyebabkan banyak akun selebgram dan bisnis yang kehilangan banyak followersnya. 

Instagram memang merupakan platform yang cukup keras dalam memerangi bentuk-bentuk kecurangan, seperti penggunaan aplikasi otomatis untuk meninggalkan komentar atau melakukan follow kemudian unfollow akun lain guna mendapatkan lebih banyak follower.

Dan sebagai aksinya, platform jejaring sosial berbasis gambar tersebut mulai menghapus akun-akun yang dianggap palsu, seperti akun-akun yang suka mengirimkan spam atau akun-akun yang menjebak pengguna untuk mengganti password menggunakan aplikasi tertentu.

Sedangkan di laman twitternya, Instagram menjelaskan jika hal ini tidak benar. Instagram sedang mengalami masalah pada sistemnya yang disebabkan oleh bug.

Lalu, bagaimana cara mengatasi agar followers Instagram tidak berkurang sendiri?

Baca juga: Ragam Ukuran Batik Modern, Ukur Badan Sebelum Beli Baju

Cara Mengatasi Follower Instagram Berkurang 

Beberapa penyebab di atas memanglah sangat mengganggu aktivitas di Instagram karena membuat followers menjadi berkurang. Bagaimana cara agar mempertahankan followers agar tetap banyak dan tidak berkurang?

Sering Update Status

Cara ini sudah bukan hal yang tabu, terbukti memang saat kita sering mengupdate status instagram seperti membagikan foto-foto dan video yang menarik, akan membuat orang lain tertarik dan berpeluang mendapatkan follower baru.

Perhatikan pula konten apa yang akan diunggah. Jika bisa menciptakan konten yang viral dan dilihat banyak orang, maka bisa meningkatkan engagement akun dan menambah followers.

Lakukan Interaksi yang Banyak

Interaksi dalam sosial media itu sangat penting, karena dengan interaksi yang kita lakukan akan menandakan bahwa akun kita aktif dan juga bisa membuatnya jadi lebih awet. Hal ini bisa meningkatkan engagement akun lho.

Interaksi yang dimaksud adalah seperti memberikan like pada foto orang, berkomentar di status mereka dan juga melakukan repost postingan yang bermanfaat. Otomatis saat akun kita sering akitf, maka instagram akan lebih memprioritaskan sehingga akan ada banyak orang yang melihatnya.

Gunakan Tools Auto Like dan Auto Follow

Bagi pengguna yang tidak sabar dan ingin cepat mendapatkan follower dan like secara instan, bisa dengan menggunakan bantuan tools. Mulai dari yang gratis dan berbayar semuanya ada.

Dengan cara yang instan, tentu saja pengguna harus paham apa saja bahaya menggunakan auto follow dan like instagram ini. Karena jika salah pilih layanan, risikonya adalah akun kita yang hilang atau dibanned.

Endorse Selebgram

Salah satu cara yang efektif meningkatkan followers, khususnya yang menggunakan instagram bisnis adalah dengan menggunakan jasa endorse selebgram. Biasanya mereka adalah influencer yang memiliki pengaruh besar bagi penggemarnya.

Dengan melakukan endorse, selebgram akan mempromosikan akun tersebut dan meningkatkan jumlah followers. Pilihlah selebgram yang tepat sesuai dengan akunmu.

Tarif endorse Instagram sendiri bermacam-macam, kalian bisa tanyakan terlebih dahulu untuk memastikannya via Direct Message (DM). Banyak akun bisnis yang menggunakan jasa ini dan terbukti efektif untuk meningkatkan jumlah followers.

Dengan berbagai pilihan di atas, tentu bisa menjadi alternative pilihan untuk meningkatkan followers dan mengetahui kenapa followers Instagram bisa berkurang dengan sendirinya. Semoga bermanfaat!