Ragam Ukuran Batik Modern, Ukur Badan Sebelum Beli Baju

Ragam Ukuran Batik Modern, Ukur Badan Sebelum Beli Baju

Ragam ukuran batik modern bagi pria saat memilih baju batik harus disesuaikan dengan ukuran tubuh agar nyaman saat dipakai. Mengenakan pakaian batik kini telah menjadi kebiasaan bagi kaum pria di Indonesia saat menghadiri berbagai acara.

Kemeja batik adalah baju dengan corak khas Indonesia sebagai fashion item yang wajib dimiliki oleh kaum pria. Bila dulu mengenakan pakaian batik hanya untuk acara resmi saja, sekarang model baju batik pria masa kini bisa dipakai untuk acara santai bersama teman.

Banyak ragam ukuran batik modern dibuat namun pilihlah yang ukurannya pas dengan tubuh. Saat Anda memutuskan membeli kemeja batik secara online, cermatilah ukuran yang ditampilkan dan bandingkan dengan ukuran tubuh Anda.

Bagaimanakah cara melakukan pengukuran tubuh untuk mengetahui ukuran kemeja batik pria modern 2020? Berikut akan dijelaskan cara-caranya.

Ragam Ukuran Batik Modern, Cara Menentukan Ukuran Badan

Saat Anda belanja pakaian batik di toko online tentu penjual akan melampirkan size chart yang menuliskan ragam ukuran batik modern di halamannya. Meskipun sudah diberi keterangan yang jelas, ternyata masih banyak pembeli yang salah memilih ukuran.

Kesalahan ini terjadi karena pembeli tersebut tidak mengerti cara mengukur tubuh sendiri sehingga sering membeli kemeja dengan ukuran yang tidak fit dengan tubuhnya. Hal ini dapat membuat penampilan menjadi kurang nyaman dilihat.

Ukuran kemeja batik yang fit adalah apabila dikenakan kemeja terasa nyaman, tidak sempit juga tidak kebesaran. Saat aktif bergerak, kemeja tersebut tidak menyulitkan dan mengekang aktivitas Anda.

Oleh karena itu penting untuk mengetahui ragam ukuran batik modern yang tersedia saat membeli kemeja di toko online dan belilah yang sesuai dengan ukuran tubuh kita. Jangan sampai menyesal ketika barang sudah diterima ternyata ukurannya tidak tepat.

Berikut akan dijelaskan cara menentukan ukuran tubuh agar tidak mengalami kesalahan saat membeli kemeja batik pria mewah secara online:

  1. Memulai Pengukuran

Kenakan baju yang tipis dan ringan saat melakukan pengukuran. Hasil pengukuran akan lebih pasti jika pengukuran dilakukan dengan hanya mengenakan pakaian dalam.

  • Alat yang Digunakan

Alat bantu yang digunakan untuk mengukur ragam ukuran batik modern adalah pita meteran atau pita ukur penjahit. Ukurlah sekitar tubuh Anda pada bagian leher, dada, lengan, pinggang, dan pinggul.

  • Mengukur Lingkar Dada

Mulailah dengan pengukuran di bagian dada. Lakukan pengukuran di bawah ketiak sekitar lingkar dada dan tulang belikat. Mengukur lingkar dada dilakukan dengan mengelilingi bagian bawah lengan, bagian tertinggi dari dada, dan tulang belikat.

  • Mengukur Lingkar Pinggang

Langkah selanjutnya adalah mengukur bagian pinggang. Ukur di sekitar bagian di mana Anda biasa mengenakan celana. Selipkan satu jari di antara pita pengukur dengan tubuh Anda.

  • Mengukur Lingkar Pinggul

Mengukur bagian pinggul dilakukan dengan cara berdiri dan merenggangkan kaki sekepalan tangan. Lakukan pengukuran di sekitar lingkar pinggul. Anda bisa juga mengukur bagian pinggul dari bagian belakang yang paling besar, bisa dilihat dari samping. 

  • Mengukur Panjang Kemeja

Mengukur panjang kemeja dilakukan dengan ukur ke bawah dari baju hingga panjang yang diinginkan. Biasanya panjang kemeja diukur hingga bagian pinggul atau sedikit lebih ke bawah.

  • Mengukur Lingkar Leher

Lingkar leher dapat diukur dengan cara memegang pita pengukur pada bagian bawah leher lalu ukur melingkar di bagian leher.

  • Mengukur Lengan

Lalu bagaimana cara mengukur lengan? Tekuk siku Anda, lalu ukur mulai dari leher, sekitar leher dan siku, hingga ke tulang pergelangan tangan.

Setelah mendapatkan hasil pengukurannya, lihat size chart lalu pilih ukuran yang paling cocok dengan ukuran Anda.

Ada banyak sekali kemeja batik yang bisa dipilih, namun sebelum memutuskan untuk membeli coba perhatikan hal penting berikut ini:

Ragam Ukuran Batik Modern, Cara Memilih Kemeja Batik Pria

Saat memutuskan membeli kemeja batik, anda harus mempertimbangkan peruntukannya. Apakah kemeja digunakan untuk acara formal, untuk bekerja, atau untuk bercengkerama bersama teman.

Kemeja Batik Berbahan Katun untuk yang Kasual

Jika Anda menginginkan kemeja batik yang nyaman untuk keseharian, pilihlah yang terbuat dari bahan katun. Bahan ini sangat cocok untuk Anda yang bejiwa kasual dan aktif bergerak karena dapat menyerap keringat dengan baik.

Harga kemeja batik katun sangat beragam, dan ditentukan oleh baik buruknya kualitas katun. Pilihlah yang terbaik jika ingin mendapat kualitas yang utama. Katun primisima adalah salah satu jenis katun terbaik yang bisa Anda jadikan pilihan.

Kemeja Batik Berbahan Dobby

Bahan dobby adalah campuran dari bahan poliester dan katun. Ciri khasnya adalah mempunyai motif serat yang menonjol seperti kotak, garis, dan abstrak. Memiliki warna yang sedikit mengkilap, bahan katun dobby dan sutra dobby cocok dikenakan untuk acara formal.

Bahan ini memiliki daya serap keringat yang rendah sehingga tidak cocok dikenakan untuk keseharian. Bila Anda mengenakan pakaian batik ini untuk ke pesta, kenakan saat udara tidak panas atau acaranya tidak dilakukan outdoor.

Demikianlah ulasan mengenai ragam ukuran batik modern. Pastikan Anda memiliki ukuran tubuh yang fit agar tidak mengalami kesalahan saat membeli baju batik melalui toko online. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave A Comment