Jenis Kamera CCTV yang Bisa Anda Gunakan Sebagai Pengawasan Lingkungan

Jenis Kamera CCTV

Jenis Kamera CCTV – Di era globalisasi ini, teknologi telah berkembang pesat dan pemasangan kamera CCTV untuk media pengawasan bukan lagi hal baru, pemasangan kamera CCTV juga penting karena banyak sekali keuntungan dari pemasangan kamera CCTV ini. Penggunaan kamera CCTV efektif untuk media pengawasan dan pencegahan tindakan kriminal.

Kemajuan teknologi terkini membuat kamera ini tidak hanya untuk memonitoring secara langsung melalui monitor, tetapi dilengkapi dengan sistem perekaman kamera CCTV dengan menggunakan media penyimpanan hard disk. Kita mengenal sistem ini sebagai DVR (Digital Video Recorder) Perangkat ini merupakan tambahan dari sistem instalasi kamera CCTV, dengan DVR ini pengawasan dapat dilakukan tanpa pengawasan setiap saat di depan layar monitor karena setiap detik semua kejadian terekam dan dapat dimainkan.

Sistem kamera keamanan pada dasarnya memungkinkan Anda untuk mengawasi properti Anda bahkan ketika Anda tidak berada di sana. Manfaat CCTV adalah menawarkan perlindungan dari potensi ancaman pencurian, meningkatkan produktivitas karyawan dan juga memungkinkan Anda untuk memantau aktivitas bisnis sehari-hari.

Bagi pemilik rumah atau bisnis, kamera CCTV adalah solusi terbaik untuk melindungi aset Anda. Teknologi ini tidak hanya penting untuk menemukan pelaku kejahatan, tetapi sistem kamera keamanan juga dapat membantu mencegah pencurian.

Ada banyak jenis kamera CCTV yang bisa dipilih. Jadi, jika Anda ingin membeli sistem kamera keamanan, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Pertama, ukur area yang ingin Anda liput oleh kamera Anda. Anda mungkin ingin mengawasi setiap pintu masuk, jendela, dan tangga. Kemudian tanyakan pada diri sendiri apakah rekaman tersebut cukup untuk ditonton secara live (streaming) atau untuk direkam. Anda juga harus memikirkan kondisi pencahayaan. Apakah Anda menginginkan kamera tersembunyi (kamuflase) atau visibilitas tinggi sehingga pengunjung langsung tahu di mana kamera berada? Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan apakah Anda ingin membeli sistem kamera CCTV secara individual atau sebagai paket CCTV lengkap.

Ada berbagai jenis kamera CCTV yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, mulai dari kantor, ruangan, garasi, halaman, tempat parkir hingga pengawasan jalan raya. Dengan medan dan kondisi yang berbeda di mana kamera CCTV dipasang, spesifikasinya juga berbeda, dari kamera inframerah hingga kamera segala cuaca.

Jenis Kamera CCTV dan Spesifikasinya

Jenis Kamera CCTV

Jenis kamera CCTV yang disesuaikan dengan area pemasangan antara lain:

1. CCTV Dome Camera

Kamera CCTV Dome adalah pilihan terbaik untuk pengawasan dalam ruangan, mis. B. di gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, ruang kelas, dll. Kamera ini memiliki desain yang memudahkan untuk berbaur dengan lingkungan sekitar dan memiliki lensa beresolusi tinggi.

CCTV Dome hanya dapat digunakan di dalam ruangan karena tidak tahan cuaca. Bodi plastik dan lensa 3.6mm biasanya ditempatkan di sudut ruangan agar kamera dapat melihat seluruh ruangan.

2. CCTV Dome Infrared

Kamera keamanan inframerah jenis ini memiliki kemampuan merekam gambar video dengan jelas di segala kondisi pencahayaan. Dalam kegelapan total, kamera ini menggunakan teknologi night vision dengan LED IR di luar lensa, sehingga memungkinkan kamera untuk melihat dalam gelap.

Kamera ini biasanya digunakan di ruangan dalam ruangan dengan cahaya minim atau saat ruangan dalam keadaan mati lampu. Fitur kamera inframerah memberikan kemampuan untuk dengan cepat mengalihkan mode inframerah ke mode non-inframerah.

3. CCTV Dome Vandalproof

Kamera CCTV jenis vandal-proof ini memiliki bodi yang kokoh, sehingga paling cocok digunakan di lokasi yang rawan vandalisme. Selain itu, kamera ini dapat tetap merekam meskipun ada yang mencoba merusaknya karena memiliki lapisan logam yang tahan lama dan tidak mudah rusak. Lensa CCTV anti perusak juga tahan terhadap semua pewarna seperti spidol atau cat.

Sehingga tidak mungkin seseorang melakukan vandalisme tanpa tertangkap CCTV. Memasang kamera jenis ini secara tidak langsung dapat mencegah vandalisme.

4. CCTV Dome Pan Tilt

Dome Pan Tilt CCTV menawarkan kualitas gambar HDTV dengan fitur keamanan canggih yang ideal untuk semua aplikasi. Kamera CCTV ini populer karena dapat menggerakkan lensa ke segala arah karena dilengkapi joystick untuk mengontrol arah lensa secara horizontal dan vertikal.

5. IP Camera

IP camera merupakan jenis kamera yang memiliki fungsi yang dapat terkoneksi dengan internet. Dengan kamera ini, Anda bisa langsung melihat kondisi tempat terpasangnya kamera IP saat Anda sedang bekerja atau berlibur. Kamera IP dapat mengirim pemberitahuan ke email Anda saat mengambil gambar bergerak di depan lensa.

6. Weatherproof Camera

Kamera yang dapat digunakan dalam segala cuaca karena dirancang untuk tahan terhadap hujan, garam, panas, dan debu kecil yang dapat merusak komponen kamera. Biasanya digunakan untuk memantau tempat-tempat umum seperti tempat parkir, pelabuhan, stasiun kereta api, jalan raya, dll. Dibangun dari bahan yang kuat untuk memastikan kinerja CCTV yang optimal. Bahkan dalam kondisi cuaca ekstrim, ia menawarkan kualitas gambar video HD.

Itulah beberapa jenis kamera CCTV beserta spesifikasi dan fiturnya dalam memantau aktivitas indoor dan outdoor. Tidak dapat disangkal bahwa kejahatan dewasa ini merajalela baik siang maupun malam, baik saat istirahat maupun di keramaian.

Anda harus menyadari bahwa kejahatan tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi, tetapi dapat dicegah. Salah satu upaya pencegahan kejahatan atau kriminalitas adalah dengan pengawasan. Tentu saja, Anda tidak selalu dapat menyediakan pengawasan 24 jam nonstop, untuk hal itu MAHAVISION sebagai distributor CCTV siap membantu Anda untuk pengawasan yang Anda butuhkan dengan penawaran harga CCTV murah terbaik.

Baca Juga: 3 Cara Download Lagu di Google Melalui Ponsel Yang Wajib Kamu Coba