Wago Terminal Block: Definisi, Fungsi dan Keunggulannya

Wago Terminal Block

Di masa lalu, banyak teknisi yang menghubungkan satu kabel dengan komponen listrik atau kabel lainnya menggunakan cara konvensional yakni dengan menyatukannya secara manual dengan solder. Namun cara ini sebenarnya sangat riskan untuk dilakukan.

Mengapa demikian?

Jawabannya, dikarenakan cara tersebut rentan menyebabkan terjadinya persimpangan antara kabel yang dihubungkan. Hal ini menyebabkan terjadinya kerusakan pada komponen dimana kabel dihubungkan atau bahkan kebakaran.

Namun seiring dengan semakin majunya teknologi, saat ini terdapat komponen listrik yang dapat menghubungkan kabel dengan komponen listriknya dengan aman. Salah satunya adalah Wago Terminal Block atau yang juga dikenal dengan istilah Wago Connector.

Apa Itu Wago Terminal Block?

Wago Terminal Block
Sumber gambar: shopee.co.id

Untuk anda yang terbilang awam dengan dunia kelistrikan, Wago terminal block mungkin masih hal yang sangat asing untuk anda. Untuk itu, kami akan memulai pembahasan kami dari penjelasan mengenai apa itu terminal block Wago.

Terminal block Wago ini sendiri adalah komponen elektronik yang umumnya digunakan untuk menyambungkan kabel dengan suatu komponen listrik (outgoing) dalam suatu rangkaian listrik.

Komponen ini memiliki fungsi untuk mengisolasi dan juga mengamankan komponen utama. Sehingga ketika terjadi short circuit atau arus pendek, komponen utama akan terhindar dari kerusakan. Selain itu, Wago juga dapat digunakan untuk menyambungkan kabel ketika diperlukan penambahan komponen pada suatu rangkaian listrik.

Mengacu pada model yang paling banyak beredar di pasaran saat ini, terminal block WAGO yang umumnya beredar di pasaran memiliki 3 titik sambungan yang dapat menyambungkan kabel berukuran 0.75-6mm (tunggal) dan 1.5-6mm (serabut) dengan arus 24 Ampere di tegangan 400 Voltage.

Wago connector sendiri merupakan salah satu produk kelistrikan yang dirilis oleh perusahaan produk kelistrikan berstandar internasional bernama WAGO.

Penggunaan Terminal Block WAGO

Saat ini, terminal Block Wago ini telah menjadi komponen umum yang banyak digunakan di berbagai rangkaian listrik, terutama rangkaian listrik di sejumlah pabrik. 

Terminal blok ini dianggap merupakan pilihan yang paling aman untuk digunakan untuk menyambungkan kabel di pabrik, terutama pabrik yang rawan dengan getaran. 

Keunggulan Terminal Block WAGO

Sejujurnya, kami tidak menemukan banyak ulasan yang menjelaskan keunggulan dari terminal block yang diproduksi oleh Wago ini. Namun salah satu yang keunggulan paling jelas dari terminal block ini terdapat pada teknologi push lever cage yang disediakannya.

Teknologi ini membuat proses pemasangan kabel di suatu rangkaian atau instalasi listrik menjadi lebih cepat dan juga aman. Singkatnya, fitur pada terminal block ini dapat mengefisienkan waktu instalasi pada suatu rangkaian listrik.

Wago connector juga dapat digunakan untuk menghubungkan konduktor yang memiliki luas penampang dan juga bahan yang berbeda. Selain itu, terminal Wago memiliki ketahanan panas yang cukup baik, terminal block ini diketahui dapat menahan panas hingga 85 derajat celcius.

Dimana Membeli Wago Terminal Block?

Seiring dengan semakin umumnya penggunaan terminal connector pada pekerjaan pemasangan rangkaian dan instalasi listrik, Wago connector telah menjadi produk kelistrikan yang cukup mudah ditemukan.

Dalam hal ini, anda dapat menemukan terminal block listrik ini di beberapa situs distributor Wago terpercaya seperti PT. Helix Elektrindo. Distributor Wago ini adalah satu distributor Wago terpercaya yang menyediakan berbagai komponen kelistrikan untuk berbagai kebutuhan instalasi listrik.

Itulah akhir dari ulasan dari saya mengenai Wago Terminal Block dan juga fungsinya. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk anda yang membacanya. 

Jangan lupa untuk mengikuti blog ini untuk mendapatkan lebih banyak ulasan dan pembahasan menarik lainnya yang kami siapkan. Terima kasih telah membaca.