Milenial Harus Tahu: Tips Membangun Rumah dengan Dana Terbatas

Tips Membangun Rumah dengan Dana Terbatas

Apakah Anda ingin membangun rumah tetapi hanya memiliki sedikit budget? Berikut tips membangun rumah dengan dana terbatas yang bisa menjadi referensi terbaik.

Membuat Rencana Pembangunan Rumah

Membangun rumah dengan mandiri, tanpa menggunakan jasa profesional tentu bukan pilihan yang mudah. Karena tidak semua orang memiliki kemampuan keuangan yang memadai dan cukup, untuk membeli bahan bangunan atau material yang harganya terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah membuat perencanaan bangunan secara lengkap dan terperinci. Atau paling tidak konsep sederhana yang ingin Anda wujudkan untuk rumah idaman Anda. Mulai dari bentuk rumah, biaya yang dimiliki, material yang ingin digunakan dan lama pengerjaan.

Memilih Desain Minimalis

Tips Membangun Rumah dengan Dana Terbatas

Rumah dengan desain minimalis merupakan pilihan yang bijak jika Anda memiliki dana yang terbatas. Walaupun minimalis, desain ini tetap memberi kesan modern dan mewah.

Rumah dengan desain ini tidak memerlukan desain interior atau eksterior, Anda bisa mencari inspirasi tersebut di internet. Salah satu tips membangun rumah dengan dana terbatas adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya di dunia maya.

Website properti ataupun artikel yang membahas tipe-tipe rumah sangat mudah Anda temukan, Anda  tinggal meluangkan waktu untuk berselancar di dunia tanpa batas itu. Sehingga biaya untuk desain bangunan bisa Anda kurangi atau hilangkan dari catatan Anda.

Menentukan Bentuk Bangunan

Bentuk bangunan akan sangat mempengaruhi dana yang akan dihabiskan dan lama pengerjaan, bentuk bangunan persegi akan lebih mudah dikerjakan. Dibandingkan dengan bentuk yang lain, seperti rumah dengan bentuk segitiga ataupun rumah dengan banyak sudut.

Semakin rumit bentuk rumah yang diinginkan, maka lama pengerjaan dan biaya akan saling mempengaruhi. Anda bisa juga memilih konsep rumah tumbuh, yaitu apabila Anda memiliki dana di masa mendatang. Maka pengerjaan rumah tersebut akan kembali dilanjutkan.

Selektif dalam Memilih Tukang Bangunan

Poin utama dari tips membangun rumah dengan dana terbatas, selain dana adalah tukang bangunan. Pilihlah tukang bangunan yang telah memilki reputasi baik dan Anda mengenalnya, baik mengenal secara pribadi ataupun referensi dari orang terdekat Anda.

Tukang bangunan yang berpengalaman dapat Anda ajak diskusi mengenai konsep yang Anda inginkan, termasuk lama waktu pengerjaan bangunan. Hal itu dapat diputuskan setelah mendapat masukan dari tukang Anda ataupun dari Anda sendiri, tetapi harus realistis sesuai situasi dan kondisi dana yang ada.

Jangan terlalu terburu-buru ingin cepat selesai ataupun terlalu lama memberikan waktu pengerjaan. Karena akan berimbas membengkaknya biaya.

Baca juga: Wago Terminal Block: Definisi, Fungsi dan Keunggulannya

Buatlah Ruangan Multifungsi

Tips membangun rumah dengan dana terbatas yang terakhir adalah mendesain rumah dengan konsep open space dan memiliki ruangan multifungsi. Konsep tersebut sangat menghemat biaya dibandingkan dengan rumah yang memilki banyak ruang.

Maksud dari open space tersebut adalah menjadikan ruangan keluarga, ruang makan dan dapur menjadi satu. Rumah Anda akan kelihatan lebih luas, dibandingkan menggunakan dinding masif yang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Sebagai gantinya Anda dapat menggunakan partisi, yang dapat dilipat atau dipindahkan. Sehingga rumah pun terlihat lebih luas atau lapang.

Demikianlah tips membangun rumah dengan dana terbatas, keputusan ada di tangan Anda. Tips apa saja yang bisa Anda aplikasikan seperti situs jasa pengurusan slf untuk membantu mewujudkan rumah idaman dengan spesifikasi sesuai dengan komposisi jumlah anggota keluarga dan kebutuhan lain.