Menjelajah Alam Rejang Lebong yang Menawan

Menjelajah Alam Rejang Lebong yang Menawan

Keindahan alam di Rejang Lebong memang sudah perlu diragukan lagi. Banyak sekali destinasi wisata yang berasal dari alam yang masih alami. Beberapa pilihan tempat ini bisa menjadi alternative pilihan menjelajah alam Rejang Lebong yang masih asri. Apa saja? Simak berita Rejang Lebong berikut!

Danau Bermanei

Jika ingin menjelajah alam tetapi tidak jauh dari pusat kota Rejang Lebong maka pilihan yang tepat adalah Danau Bermanei. Ketika datang malam hari, maka akan disambut dengan pemandangan danau beserta lampu kota yang indah. Selain itu ada banyak pusat kuliner lezat yang siap mengisi perut wisatawan.

Dengan pemandangan yang asri, Danau Barmanei ini tidak bisa untuk berenang atau beragam kegiatan serupa seperti bermain air atau berendam. Akan lebih memungkinkan jika wisatawan memancing saja di area danau ini.

Lokasi danau ini berada di Tunas Harapan, Kec. Curup Utara, Kab. Rejang Lebong. Untuk mengaksesnya, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi secara mudah dan cepat.

Danau Telapak

Pilihan wisata lain selanjutnya yang tak kalah menarik adalah Danau Telapak. Danau ini berada di dekat bukit yang masih asri dengan pemandangan yang memanjakan mata. Berbeda dengan Danau Barmanei Untuk bisa sampai ke lokasi, tentu saja harus menaklukan hutan dan bukit terlebih dahulu.

Lokasi danau ini berada di Talang Rendah, Kec. Nasal, Kab. Rejang Lebong. Dapat dikatakan rute untuk sampai ke danau Telapak ini cukup sulit. Jika memang stamina kurang fit maka bisa menyebabkan kelelahan. Akan lebih baik jika sebelum ke danau ini tingkatkan daya tahan terlebih dahulu dengan minum vitamin.

Baca juga: 6 Adat Istiadat Suku Toraja yang Mendunia

Gua Bukit Makmur

Tempat untuk menjelajah alam di Rejang Lebong selanjutnya adalah Gua Bukit Makmur. Tempat ini mirip dengan dataran tinggi biasa yang ada gua kecil di dalamnya. Jika dilihat secara sekilas, objek wisata tidak seperti gua pada umumnya. 

Hanya saja panorama yang ada di sekitar gua sangat indah dan memukau. Di sini tidak hanya dikejutkan dengan suasanya yang asri dan sejuk namun juga area persawahan yang dilewati selama dalam perjalanan.

Objek wisata Goa Bukit Makmur yang satu ini memang cukup jauh dari pusat kota, namun untyuk sampai ke gua tidak perlu rute yang sulit dan tidak perlu melewati hutan. Anda hanya perlu melewati area persawahan saja. Lokasinya ada di Desa Suban Ayam, Kec. Selupu Rejang, Kab. Rejang Lebong.

Suban Air Panas

Jika ingin berwisata sambil relaksasi di alam, maka Suban Air Panas menjadi pilihan yang pas. Banyak wahana air yang bisa Anda mainkan, harga yang diberikan juga cukup terjangkau. Cocok untuk tempat liburan keluarga karena aman untuk semua usia. Lokasinya adai di Cawang Baru, Kec. Selupu Rejang, Kab. Rejang Lebong

Masyarakat setempat percaya jika mandi di air panas akan menyegarkan tubuh dan bisa terbebas dari beragam penyakit. Beragam penyakit tersebut antara lain darah tinggi, asam urat dan penyakit lelah lainnya. Banyak pengunjung yang sengaja datang ke tempat ini hanya untuk berendam dan menghilangkan stres.

Bendungan Musi Kejalo

Jika datang ke Bendungan Musi Kejalo yang menjadi perhatian adalah adanya tebing batu dan lokasinya yang dekat dengan hutan. Jika beruntung, di sini juga bisa melihat kawanan monyet hutan yang sering disebut dengan nama Cigog. Konon, binatang ini masih satu spesies dengan monyet.

Pengunjung yang datang biasanya menghabiskan waktu sambil melihat pemandangan hijau yang ada di hutan. Sebagian lagi memilih untuk memancing atau duduk santai sambil ngobrol. Lokasinya berada di  Bendung Kejalo, Kec. Curup, Kab. Rejang Lebong.

Batu Panco

Ingin menjelajah alam dengan catatan sejarah di Rejang Lebong? Jawabannya adalah batu panko. Objek ini merupakan salah satu batu keramat yang ada di area pemakaman. Konon, batu ini memiliki kekuatan magis dan cukup keramat. 

Penduduk lokal sering berdoa di dekat batu ini dan mendoakan orang yang ada di makam keramat tersebut. Batu ini berbentuk seperti meja, agak kotak namun tidak ada sudutnya. Destinasi wisata yang satu ini letaknya hanya sekitar 3 Km saja dari pusat Kota Curup. Lokasnya ada di Batu Panco, Kec. Curup Utara, Kab. Rejang Lebong.

Demikian tadi beberapa referensi untuk menjelajah alam yang memesona di Rejang Lebong dengan biaya yang murah. Mana yang menjadi pilihanmu?

Leave A Comment