Bilyet Giro dan Cek: Manfaat dan Perbedaan yang Perlu Anda Ketahui

Bilyet Giro dan Cek: Manfaat dan Perbedaan yang Perlu Anda Ketahui

Industri keuangan memang harus berbenah diri  mengikuti perkembangan pada era internet ini, jika tidak, akan ketinggalan jaman. Kali ini kita akan membahas tentang manfaat bilyet giro dan cek

Kini, semakin banyak cara pembayaran modern yang orang gunakan untuk bertransaksi, antara lain Paypal, Sakuku, Doku, dan lainnya. Nah, kita bahas sedikit tentang Paypal. Paypal adalah alat pembayaran modern yang saldonya bisa kita top up sendiri dengan cara beli paypal murah di agen-agen yang menjual saldo Paypal.

Selain alat pembayaraan yang sudah modern tadi, banyak juga alat pembayaran  non-modern  yang masih orang pakai, yaitu Bilyet Giro dan Cek. Kali ini kita akan membahas manfaat bilyet giro dan cek bagi nasabah.

Bilyet giro dan cek adalah surat berharga yang orang sering gunakan dalam transaksi keuangan. Meskipun keduanya merupakan alat pembayaran, cek dan Bilyet Giro memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda.

Bagi Anda pemilik bisnis, sangat penting untuk mengetahui cek dan bilyet giro. Karena beberapa nasabah dan bahkan pelaku bisnis menggunakan surat berharga tersebut sebagai transaksi keuangan.

Orang menggunakan Bilyet giro dan cek sebagai alat untuk melakukan pembayaran. Lagi, Bilyet giro dan cek sama-sama memiliki waktu kedaluwarsa 70 hari. Selain itu, ada persamaan yang menjadi bahan perhitungan pada lembaga kliring antara Bilyet Giro dengan cek. Lalu apa bedanya Bilyet Giro dan Cek?

Bilyet Giro dan Manfaatnya

Giro adalah istilah perbankan yang menunjukkan metode pembayaran. Prosedurnya adalah pihak yang membayar melakukan transfer sejumlah uang ke bank terlebih dahulu. Setelah itu bank akan mentransfer uang tersebut ke rekening penerima.

Baca juga: Mengapa Tsunami dan Sulawesi Tengah Erat Kaitannya?

Jadi, intinya, transaksi dengan rekening giro berarti tidak terjadi transaksi langsung antara pemberi dan penerima uang,  tetapi memalui pihak perantara yaitu bank.

 Manfaat Bilyet Giro

Manfaat pertama dari bilyet giro adalah bahwa uang dalam rekening giro aman dari tindak kejahatan. Pasaslnya, baik pemegang rekening atau penerima uang tidak perlu membawa uang dalam jumlah besar untuk melakukan transaksi keuangan atau dalam melakukan pembayaran.

Manfaat selanjutnya adalah kemudahan transaksi jual beli karena tidak ada batasan transaksi. Satu-satunya syarat hanyalah Anda harus memiliki cukup uang untuk transaksi.

Manfaat lain dari menggunakan bilyet giro adalah uang dalam deposito akan langsung tersimpan otomastis ke rekening penerima dan bisa Anda tarik kapan saja selama jam kerja.

Semua yang perlu Anda ketahui tentang bilyet giro

1. Bilyet Giro tidak dapat langsung cair.

2. Pencairan hanya dapat dilakukan atas nama yang tertera.

3. Pihak penarik bebas dari bea materai.

4. Bilyet Giro memiliki fungsi mentransfer dari nasabah ke bank, dan bank mentransfer uang kepada penerima memiliki rekening pada bank tersebut.

5. Bilyet giro dapat bank sampaikan sebelum tanggal efektif.

6. Tanggal penerbitan dan tanggal efektif harus jelas tertera.

7. Sumber Hukum dari Peraturan Bank Indonesia (PBI).

Apa itu Cek

Menurut UU Nomor 10 Tahun 1998, cek adalah surat perintah nasabah kepada bank dimana nasabah memiliki rekening giro, yang digunakan untuk membayar uang kepada pemegang cek atau pihak yang namanya tertera pada cek tersebut. Sebuah cek setara dengan pembayaran tunai karena dapat langsung cair dan masuk ke rekening penerima.

Dari pengertian ini, maka sebuah cek hendaknya  memiliki beberapa kriteria:

1. Harus ada tulisan “CEK”.

2. Berisi perintah tanpa syarat untuk membayar sejumlah uang.

3. Nama bank yang harus membayar tertera

4. Tanggal dan tempat cek harus tercantum.

5. Harus ada tanda tangan penarik.

Jika tidak ada syarat tersebut, maka sebuah cek tidak akan dianggap sah.

Jenis cek

1. cek atas nama

Jenis cek ini adalah cek yang dikeluarkan atas nama individu atau badan hukum tertentu.

2. cek atas unjuk

Jenis cek ini berbeda dengan cek atas nama. Tidak tercantum nama individu atau badan hukum tertentu pada cek, sehingga siapapun bisa mencairkan cek tersebut.

3. cek silang

Cek silang adalah sebuah cek yang memiliki tanda silang di pojok kiri atas. Tanda silang itu berarti cek tersebut tidak hanya bisa dicairkan saja akan tetapi bisa juga dipindahbukukan.

4. cek mundur

Cek mundur adalah cek yang diberi tanggal yang mundur dari tanggal terbit sebuah cek. Misalnya cekterbit pada tanggal 1, akan tetapi sang pemberi cek akan mengisi dananya pad tangal 10, sehingga penerima cek aka dapat mencairkan dana pada tanggal 10.

5. cek kosong

cek kosong adalah cek yang saldonya tidak tersedia pada saat pencairan dana .

Manfaat cek

1. Memantau jumlah dana yang tersedia dalam rekening.

2. Sebagai alat pembayaran.

3. alat untuk menarik uang dari bank.

4. Untuk pencatatan dan pembukuan transaksi pembayaran.

Selain manfaat bilyet giro, kita juga akan membahas manfaat cek. Cek berguna bagi pemegang cek untuk melunasi hutang dengan pihak lain. Selain itu cek juga berguna sebagai pengganti alat pembayaran yang sah. Jika Anda menerima cek, pastikan untuk mencairkan dananya sesuai ketentuan.

Berikut ini semua yang perlu Anda ketahui tentang cek.

1. Cek dapat dicairkan langsung.

2. Pembayaran bank dapat segera dilakuakn sesuai penerima cek.

3. ada biaya materai .

4. Fungsi cek adalah nasabah memerintahkan bank untuk membayar tunai kepada orang /badan pemegang cek.

5. Cek tidak bisa cair sebelum tanggal kesepakatan.

6. Sumber Hukum Kode Dagang (KUHD).

Manfaat Cek dan Bilyet Giro sudah sangat dirasakan oleh masyarakat sedari jaman dahulu. Alat pembayaran ini hadir untuk membantu siapa saja, termasuk bisnis online, dalam melakukan transaksi keuangan.

Leave A Comment