Penyebab Stroke di Usia Muda Dan Bagaimana Cara Mencegahnya

penyebab stroke usia muda

Stroke adalah salah satu penyakit pembunuh yang menyebabkan banyak angka kematian di Indonesia. Berdasarkan ulasan dari salah satu halaman kesehatan, disebutkan bahwa terdapat kurang lebih 550.000 kasus penyakit ini terjadi di Indonesia.

Saat ini masih banyak orang yang menganggap bahwa penyakit ini hanya berpotensi terjadi pada mereka yang berusia lansia. Memang banyak penelitian yang menyebutkan bahwa penyakit stroke ini lebih banyak menyerang orang lanjut usia. Meskipun demikian, terdapat juga beberapa kasus dimana stroke ini terjadi pada anak muda.

penyebab stroke usia mudaa
https://kabartangsel.com/

Faktor Penyebab Stroke Usia Muda 

Mengutip data dari situs kesehatan.kontan, disebutkan bahwa terdapat 0.6% kasus dimana stroke menyerang anak muda berusia 15 hingga 24 tahun. Namun apa sebenarnya penyebab stroke usia muda ini dapat terjadi?

Pada artikel kali ini, kami akan mencoba untuk menjelaskan hal-hal apa saja yang dapat menjadi faktor penyebab terjadinya stroke di usia muda ini untuk anda. Mengutip ulasan dari halaman klikdokter, terdapat 7 faktor penyebab stroke usia muda ini. Adapun beberapa faktor yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Mengidap Diabetes

Diabetes adalah salah satu faktor resiko stroke yang dapat dijumpai oleh kalangan tua maupun muda. Kondisi kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah. Selain itu kadar gula tinggi ini juga dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan membuatnya kaku.

Jika kondisi ini dibiarkan, maka penderita akan mengalami beberapa komplikasi penyakit serius seperti stroke, gangguan jantung dan lainnya.

Mengidap Hipertensi

Selain diabetes, Hipertensi juga merupakan faktor resiko stroke yang paling banyak ditemukan. Kondisi hipertensi ini dapat menyebabkan terjadi pecahnya pembuluh darah. Hal tersebut dikarenakan tekanan darah yang dipompa dari jantung yang terlalu kuat, sehingga merusak pembuluh darah (pecah).

Merokok

Tidak banyak yang mengetahui bahwa merokok adalah salah satu kebiasaan yang dapat memicu penyakit stroke. Pasalnya kebiasan ini sangat berhubungan erat dengan kerusakan dan gangguna pembuluh darah.

Obesitas 

Obesitas juga merupakan faktor penyebab stroke usia muda. Obesitas ini merupakan kondisi dimana seseorang memiliki berat badan berlebih. Kondisi berat badan berlebih ini cenderung menyebabkan kadar kolesterol dan tekanan darah menjadi tinggi. Dua kondisi gangguan metabolik tersebut dapat memicu munculnya penyakit serius, seperti stroke dan penyakit jantung.

Kelainan Irama Jantung

Faktor penyebab stroke usia muda terakhir adalah kelainan irama jantung. Jika seseorang memiliki kondisi dimana jantung mengalami gangguan seperti kelainan struktur katup. Maka hal tersebut dapat menyebabkan terganggunya pembekuan darah yang berpotensi memicu penyumbatan pembuluh darah di otak.

Kelainan struktur jantung ini juga menyebabkan penderitanya memiliki irama jantung yang tidak beraturan dan sering berdebar-debar.

Gejala Umum Penyakit Stroke

Penyakit stroke sendiri memiliki beberapa gejala umum yang dapat dikenali dengan muda. Melansir dari sejumlah halaman kesehatan. Terdapat 3 gejala penyakit stroke yang umumnya dapat dikenali yakni :

  • Penurunan salah satu wajah – penderita stroke biasanya memiliki salah satu sisi wajah yang nampak lebih turun dibandingkan sisi lainnya.
  • Tidak dapat mengangkat lengan – Lengan penderita stroke juga biasanya lemas atau bahkan mati rasa, sehingga tidak dapat digerakkan.
  • Tidak dapat berbicara lancar – sebagian besar orang yang terkena stroke juga mengalami kesulitan berbicara dengan jelas.

Selain gejala di atas terdapat juga beberapa gejala lainnya yang juga terkadang muncul pada penderita stroke seperti mengalami vertigo, rasa mual, kesulitan menelan dan gangguan tidur.

Cara Mencegah Penyakit Stroke di Usia Muda

Setelah membahas mengenai beberapa faktor penyebab stroke usia muda dan juga gejala umumnya, kami juga akan sedikit membagikan beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah atau memperkecil kemungkinan mengalami penyakit ini. 

Melansir ulasan dari halaman halodoc, disebutkan terdapat 4 cara mencegah stroke di usia muda yang dapat disarankan untuk dilakukan. Adapun keempat cara yang dimaksud sebelumnya adalah sebagai berikut:

Diet Sehat 

Cara atau hal pertama yang disarankan untuk anda lakukan untuk mencegah penyakit stroke di usia muda adalah dengan melakukan diet sehat. Diet sehat bukan berarti anda harus mengurangi porsi makan, namun lebih merujuk kepada memperbaiki pola makan menjadi lebih sehat. 

Anda dapat mencobanya dengan mulai mengurangi konsumsi makanan asin dan berlemak. Dikarenakan kedua makanan tersebut sangat berpotensi menyebabkan hipertensi dan kenaikan kadar kolesterol dalam darah, sehingga memicu terjadinya stroke. 

Selain itu, berdasarkan ulasan dari halaman Alodokter, disebutkan bahwa makanan rendah lemak jenuh namun kaya akan lemak tidak jenuh adalah salah satu makanan pencegah stroke yang dapat anda jadikan salah satu menu. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi cukup protein, vitamin dan serat.

Olahraga Secara Teratur

Cara mencegah stroke di usia muda selanjutnya adalah dengan mulai membangun kebiasaan berolahraga. Kembali mengutip ulasan dari halaman Alodokter, berolahraga secara rutin dapat membuat jantung dan juga sistem peredaran darah di tubuh bekerja dengan lebih efisien.

Selain itu, berolahraga juga memiliki manfaat untuk menjaga berat badan, kadar kolesterol dan tekanan darah berada pada kondisi normal. Untuk membangun kebiasaan olahraga ini, anda tidak perlu harus melakukannya setiap hari.

Berdasarkan banyak ulasan kesehata, disebutkan bahwa durasi olahraga ideal untuk mereka yang berusia 19 hingga 64 tahun adalah 150 menit setiap minggunnya. Anda dapat membagi durasi tersebut untuk beberapa hari, misalnya anda dapat berolahraga 30 menit setiap harinya selama 5 hari. 

Dalam hal ini, kami juga menyarankan anda untuk melakukan latihan otot seperti sit up, push dan angkat beban setidaknya 2 kali dalam seminggu. 

Berhenti Mengonsumi Alkohol

Jika anda memiliki kebiasaan mengonsumsi alkhol, maka sebaiknya anda mulai menghentikan kebiasaan ini. Menurut banyak situs kesehatan, disebutkan bahwa kebiasaan mengonsumsi alkohol dapat meningkat resiko terkena penyebab stroke usia muda ini. 

Hal tersebut dikarenakan minuman beralkohol umumnya memilik kadar kalori tinggi yang dapat menyebabkan penyakit pemicu stroke seperti diabetes dan juga hipertensi. Selain itu, mengonsusmi alkohol juga dapat menyebabkan gangguan detak jantung (irama detak jantung menjadi tidak beraturan).

Berhenti Mengonsumsi Rokok

Seperti yang sempat disinggun pada penjelasan di atas, kebiasan merokok adalah salah satu faktor resiko stroke di usia muda. Bahkan orang yang merokok memiliki resiko terkena penyaki mematikan ini hingga dua kali lipat.

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah arteri yang membawa darah ke otak. Tidak hanya itu, kebiasaan ini juga menyebabkan darah menjadi lebih mudah menggumpal, sehingga potensi terjadinya penyumbatan di pembuluh darah menjadi sangat tinggi.

Merokok sendiri juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius lainnya seperti kanker paru-paru dan juga jantung.

Hindari Narkoba

Selain dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental, penggunaan narkoba juga dapat menjadi penyebab munculnya penyebab stroke usia muda ini. Sejumlah ulasan kesehatan bahkan menyebutkan bahwa beberapa jenis narkoba seperti kokain dan methamphetamine dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, sehingga pasokan aliran darah ke otak menjadi terganggu.

Oleh karena itu, sebaiknya anda tidak bermain-main dengan barang haram yang satu ini. Jika anda menggunakannya, segeralah menghentikan kebiasaan tersebut dan pertimbangkan untuk mengikuti rehabilitasi penyalahgunaan narkoba.

Melakukan Kontrol 

Jika anda memiliki keluarga dengan riwayat penyakit stroke, ada baiknya jika anda memeriksakan diri anda. Hal ini untuk mengetahui apakah anda memiliki faktor resiko untuk mengalami penyakit ini.

Sekian ulasan dari kami mengenai faktor penyebab stroke usia muda, gejala umum dan juga cara untuk mencegahnya. Ini juga berguna untuk terhindar dari ketergantungan konsumsi Obat stroke.Semoga artikel yang kami bagikan ini bermanfaat dan dapat membantu anda menjaga kesehatan agar terhindar dari salah satu penyakit paling mematikan di Indonesia ini. Jangan lupa juga untuk mengikuti artikel kesehatan informatif lainnya dari kami. Terima kasih.

Mungkin anda juga menyukai: Polres Nunukan Hancurkan Arena Judi Sabung Ayam di Nunukan dan Tindak Para Pelanggar Prokes